Menpar Dorong Investor Bangun Marina Kelas Dunia di Selayar

Rabu, 27 Maret 2019 - 12:41 WIB
Menpar Dorong Investor...
Menpar Dorong Investor Bangun Marina Kelas Dunia di Selayar
A A A
KEPULAUAN SELAYAR - Menteri Pariwisata Arief Yahya, meminta para investor untuk berinvestasi di Marina Kelas Dunia. Hal ini disampaikan Menpar saat melakukan Kick Off Perencanaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, Selasa (26/3/2019).

Menpar datang bersama rombongan menggunakan Pesawat Hawker 4000 N349 AJ. Rombongan disambut Bupati Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Muh. Basli Ali, bersama Unsur Forkopimda, Kepala OPD dan Masyarakat. Rombongan Menpar disambut dengan pengalungan bunga.

“Kalau anda membangun wisata marina maka saya berjanji mendatangkan International Yacht Rally akan saya lewatkan di Kabupaten Kepulauan Selayar,” ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, untuk akses pulau-pulau kecil di Kabupaten Kepulauan Selayar yang jumlahnya ratusan, dibutuhkan Seaplane yang bisa menghubungkan pulau-pulau. Selain itu, dia juga menginginkan Bandara Aroeppala bisa menjadi bandara kelas internasional.

Menurutnya, salah satu cara untuk mempercepat pembangunan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar dengan Penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

“Mendapatkan KEK memang tidak mudah, tapi jika sudah memiliki KEK maka pembangunan akan cepat. Pemerintah Pusat akan turun membangun Infrastruktur dasar seperti Jalan, Air, Internet dan lainnya,” paparnya.

Dalam kesempatan ini, Menpar Arief Yahya juga menyarankan kepada investor untuk membangun Nomadic Tourism dan Live On Board. Karena keduanya dianggap paling praktis dan cepat serta pembangunannya relatif mudah.

"Nomadic Tourism dan Live On Board adalah solusi sementara untuk selamanya. Karena selain cepat, pembangunannya juga murah," kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menyampaikan bahwa potensi Kabupaten Kepulauan Selayar sangat bisa menjadi destinasi wisata Kelas Dunia. Menpar juga menjanjikan tahun 2019 Kabupaten Kepulauan Selayar akan ditetapkan menjadi KEK Pariwisata.

“Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki Taman Nasional Takabonerate yang merupakan Cagar Biosfer Dunia. Letak Kabupaten Kepulauan Selayar sangat strategis sebagai Hub Internasional dan kekayaan Flora & Fauna yang bisa bersaing dengan Wakatobi,” ujar Arief Yahya.

Ditambahkaanya, yang terpenting dalam membangun pariwisata kelas dunia atraksi, amenitas dan aksebilitas.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0761 seconds (0.1#10.140)